Permainan dan Saran untuk para Orang-tua

Permainan dan saran untuk para orang-tua yang mau menggunakan Bahasa Inggris di rumah:

  1. Menonton kartun dan lagu dalam bahasa Inggris, tanpa teks (semua umur). Anak-anak suka belajar melalui lagu dan video. Kami memiliki banyak saluran dan daftar lagu untuk setiap subjek kosakata: jika anda butuh saran, tanya kami saja!
  2. Rhyme dengan anak anda (semua umur). Baca nursery rhyme anak anda dengan berbisik, tapi menjadi keras di ritmenya agar mereka dapat mendengar perbedaannya. Sebagai contoh: “The little brown CUB liked to RUB in the TUB.” “The silly FAT CAT liked to sleep on the HAT.”
  3. Tepuk tangan untuk suku kata dengan anak anda (semua umur) dan minta mereka untuk menghitung suku kata di setiap kata (TCS atau lebih tinggi). Ketika anak anda pulang dengan daftar kosakata – grandfather, grandmother, mom, dad, brother, sister – anda dapat bertepuk tangan untuk setiap suku kata. “Grand-fa-ther” memiliki tiga suku kata, “Bro-ther” memiliki dua suku kata, dan “Dad” memiliki satu suku kata. Ketika mereka menyadari bahwa setiap kata dapat memiliki lebih dari satu suku kata, minta mereka untuk menghitung tepukan tangan mereka.
  4. Permainan sama atau beda (LBC atau lebih tinggi). Anak-anak di I Can Read diajarkan untuk mengenali bunyi pertama dari kata-kata. Untuk permainan ini, anda dapat menyebutkan tiga sampai lima kata – semua kecuali satu dimulai dengan bunyi yang sama. Sebagai contoh, anda dapat menyebutkan: “Please, paper, bat.” Kata mana yang dimulai dengan bunyi yang berbeda? Ketika seorang anak telah menguasai permainan ini, anda dapat bermain dengan bunyi akhir. Sebagai contoh, anda dapat menyebutkan: “cat, fat, chair.” Kata mana yang memiliki bunyi akhir yang berbeda?
  5. Dorong anak anda untuk menggunakan kalimat lengkap (TCS atau lebih tinggi). Tanya anak anda “What colour is that backpack?” dan bilang “SENTENCE”. Daripada hanya berkata “red”, anak anda harus berkata “That backpack is red.” Atau “Where is the toy? SENTENCE!” anak anda harus berkata “The toy is in the bathroom.” Anda juga dapat menanyai mereka pertanyaan tentang mereka sendiri, seperti “What do you want to eat? SENTENCE!” Mereka harus berkata “I want to eat noodles and fish.”
  6. Permainan bunyi kalimat (anak yang lebih dewasa dengan kosakata yang luas). Bunyi tunggal disebut dengan fonim (phoneme). Anak-anak harus belajar fonim dan bagaimana mereka berhubungan dengan huruf sebelum mereka dapat membaca dan menulis. Pilihlah suatu bunyi – sebagai contoh bunyi “Sss”. Buatlah kalimat dengan bunyi ini: “Sally went to the sea and took a snake.” Kemudian anak anda menambahkan ke kalimat tersebut: “Sally went to the sea and took a snake and a strawberry.” Lanjutkan sampai ada kesalahan.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *