Bagaimana membangun Bahasa Inggris dengan cara yang alami

Dengan kemajuan di bidang teknologi informasi, sekarang ada beberapa cara untuk mengakses Bahasa Inggris, seperti Internet, televisi, iPad, surat kabar, buku-buku dan juga di sekolah. Munculnya kesempatan-kesempatan ini mungkin akan membingungkan para orang-tua untuk mengetahui cara mana yang paling efektif dan berapa banyak waktu yang mereka harus habiskan dalam setiap media.

Academic Manager dari I Can Read Vietnam dengan lebih dari 10 tahun pengalaman membagikan keahliannya dalam hal ini:

Mendengarkan adalah keterampilan paling penting untuk anak-anak

Anak-anak yang baru lahir butuh 1.5 sampai 2 tahun sebelum mereka mulai berbicara dalam bahasa mereka sendiri; mereka mulai berbicara dengan kalimat sederhana pada umur 3, dan baru dapat mengekspresikan pikiran mereka secara sempurna pada usia 4 atau 5. Ingatlah bahwa kita sedang berbicara tentang bahasa ibu seorang anak, yang mana anak-anak diekspos sebagian besar waktu dalam kesehariannya.
Maka sangatlah penting bagi para orang-tua untuk sabar dan memastikan bahwa ekspektasi mereka sesuai dengan realita ini. Ada kecenderungan dalam beberapa orang-tua untuk memaksa anak-anak mereka berbicara dan menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris segera setelah mereka menghadiri beberapa kelas. Hal ini hanyalah mendukung kebiasan belajar “burung beo”. Anak-anak akan menjawab pertanyaan dengan respon otomatis tanpa memberikan perhatian terhadap apa yang orang lain benar-benar katakan. Contoh yang umum adalah A: How are you? B: I’m fine thank you, and you? Kemudian, ketika seorang anak ditanya “How old are you?” mereka akan menjawab seperti burung beo “I’m fine thank you, and you?” Meskipun belajar dengan cara “burung beo” ini memberikan impresi bahwa seorang anak dapat berbicara Bahasa Inggris, kenyataannya mereka hanya memiliki pengertian yang sangat terbatas terhadap bahasa ini, dan akan bergumul untuk membuat kemajuan.
Berdasarkan pengalaman saya, beberapa anak dapat belajar Bahasa Inggris selama setahun atau 18 bulan tanpa mengembangkan kemampuan komunikasi yang independen. Namun begitu mereka mulai berkomunikasi secara sukarela, kemampuan Bahasa Inggris mereka mulai terlihat naik, dan kemudian mereka belajar dengan sangat cepat dan berkomunikasi dengan fleksibel. Semua anak memiliki gaya belajar mereka sendiri yang unik, dan belajar paling baik dalam kondisi dan aktifitas yang beragam.
Namun, untuk sebagian besar anak-anak kecil, mendegarkan merupakan cara terbaik untuk mempelajari suatu bahasa. Anak-anak belajar suatu bahasa dengan baik, bukan dengan mengulang frase-frase, tetapi dengan memahami kata-kata dan frase yang mereka dengar melalui konteks mereka mendengarnya. Setelah beberapa waktu menyerap dan dengan dorongan konstan dari guru dan orang-tua, anak-anak akan mulai menggunakan bahasa tersebut secara alami, dan kemampuan komunikasi mereka akan mulai meningkat dengan cepat.
Berita baiknya adalah, meskipun anak-anak di Vietnam memiliki sedikit kesempatan untuk berbicara Bahasa Inggris, mereka memiliki banyak kesempatan untuk mendengarkan. Mereka dapat belajar mendengarkan melalui acara kartun Bahasa Inggris and video klip online yang mengajarkan Bahasa Inggris. Saya benar-benar menyarankan anak-anak untuk mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris secara reguler. Melodinya akan menempel dalam pikiran anak, menolong mereka untuk mengingat kosakata, dan juga ritme dan intonasi dari Bahasa Inggris.

Mengembangkan ketertarikan jangka-panjang dalam Bahasa Inggris

Berikan anak anda kesempatan untuk berinteraksi dalam Bahasa Inggris melalui aktifitas, lagu-lagu dan permainan. Tujuannya adalah untuk membuat anak-anak tertarik dalam Bahasa Inggris sejak awal. Jika pertama kalinya anak diekspos terhadap Bahasa Inggris di sekolah, Bahasa Inggris hanya akan menjadi subjek lainnya, dengan segala tekanan yang datang seperti ujian, tes dan nilai. Anak-anak kemudian akan tidak tertarik dan membuat mereka sulit untuk menyerap dan belajar bahasa tersebut nanti. Satu tip yang sering saya bagikan dengan guru-guru adalah dengan menggunakan aktifitas yang anak-anak nikmati dan perkenalkan dan latih kata-kata dan frase baru. Jadi, apapun yang anak anda suka lakukan, lakukanlah dalam Bahasa Inggris!

Melatih Bahasa Inggris dengan anak-anak di rumah sangatlah penting

Anak-anak mungkin hanya melihat guru mereka 1-2 kali seminggu. Namun, mereka menghabiskan banyak waktu mereka dengan orang-tua mereka. Maka, orang-tua harus berusaha yang terbaik menjadi role model Bahasa Inggris mereka. Cobalah membaca cerita pendek dalam Bahasa Inggris kepada anak anda sebelum mereka tidur. Janganlah khawatir soal pengucapan anda atau apakah anak dapat mengerti isi cerita tersebut atau tidak.
Anak-anak jauh lebih cerdas dari yang anda pikirkan, dan dengan siap memahami cerita tanpa mengetahui setiap kata. Anak-anak belajar melalui imitasi, jadi para orang-tua harus memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mendengarkan Bahasa Inggris dengan mebaca surat kabar dengan keras, menonton film atau mendegarkan music dalam Bahasa Inggris. Gunakanlah setiap kesempatan untuk mengekspos anak anda kepada Bahasa Inggris, dan pengetahuan mereka terhadap bahasa tersebut akan dengan cepat terbangun secara alami.

Academic Manager

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *