8 Alasan kenapa membaca sangat penting untuk anak-anak part 1


Sebenarnya apa yang anak-anak dapatkan dari membaca?

Kita terus-menerus mendengar betapa pentingnya bagi anak-anak untuk membaca buku, tetapi apakah kita pernah benar-benar berpikir kenapa itu benar? Apa yang sebenarnya anak-anak dapatkan dari membaca? Apakah membaca penting?

Jawabannya adalah ya – Membaca itu penting!

Membaca adalah keterampilan penting yang perlu dikembangan dalam diri anak-anak. Membaca merupakan hal penting untuk bertahan di dunia sekolah, kampus dan universitas. Kemampuan untuk belajar subjek baru atau menemukan informasi yang berguna didasarkan pada kemampuan membaca mereka. Kemampuan membaca yang buruk adalah kontributor yang paling signifikan jika anak-anak tidak memiliki nilai yang baik di sekolah dan akan mempengaruhi setiap aspek kehidupannya.

Inilah delapan alasan mengapa membaca penting untuk anak-anak:

  1. Buku Membantu Mengembangkan Keterampilan Bahasa yang Penting
    Semakin banyak anak-anak membaca dan dibacakan cerita, kemampuan bahasa mereka akan menjadi lebih baik. Membaca mengekspos anak-anak terhadap tata bahasa dan frase yang tepat. Hal ini mengembangkan keterampilan bahasa oral dan membantu anak untuk mengekspresikan diri mereka secara verbal. Bahkan ketika seorang anak tidak mengerti sebuah kata baru, mereka dapat memahaminya melalui konteksnya, yang mana akan memperdalam pemahaman mereka terhadap kata tersebut ketika mereka menemukan kata tersebut kemudian.
  2. Membaca Memperluas Kosakata
    Kosakata seorang pembaca yang aktif jauh lebih luas. Membaca meningkatkan kosakata seorang anak dan memimpin mereka terhadap keterampilan bahasa yang lebih tinggi. Hal ini meningkat jauh lebih cepat ketika anak-anak membaca lebih banyak, memberikan mereka kata-kata tambahan setiap harinya. Hal ini lalu akan meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. Orang-orang yang membaca lebih banyak cenderung menjadi komunikator yang lebih baik karena mereka memiliki lebih banyak kata yang beragam untuk mengekspresikan perasaan mereka dan menyampaikan ide mereka.
  3. Membaca Mengembangkan Imajinasi seorang Anak
    Ketika kita membaca, otak kita menerjemahkan deskripsi dari orang, tempat dan benda ke dalam gambar. Ketika seorang anak tertarik dalam sebuah cerita, mereka membayangkan bagaimana perasaan seorang karakter. Anda hanya dibatasi oleh apa yang dapat anda imajinasikan dan dunia yang dideskripsikan di buku, termasuk juga pandangan dan opini dari orang lain akan membantu seorang anak mengembangkan pemahaman mereka tentang apa yang mungkin. Dengan membaca deskripsi tertulis, pikiran seorang anak dapat membuat sebuah gambar dalam kepala mereka, daripada memiliki gambar yang ditempatkan didepan mereka di sebuah layar tv.
  4. Membaca Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
    Tidak seperti aktifitas lainnya yang dilakukan anak-anak setiap harinya, duduk dengan sebuah buku membutuhkan fokus dan konsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Benar-benar terbenam dalam sebuah buku butuh kemampuan untuk menutup dunia luar dan benar-benar terbenam dalam teksnya, yang mana seiring waktu akan meningkatkan waktu konsentrasi. Ketika membaca, anak-anak harus duduk diam agar mereka dapat fokus dalam ceritanya. Jika mereka membaca secara reguler, mereka mengembangkan kesempatan untuk melakukan ini untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

Jadi, tolong inspirasikanlah anak anda untuk membaca. Berikan mereka akses terhadap berbagai materi bacaan yang akan mereka nikmati dan diskusikan dengan mereka. Cobalah setiap hal – buku cetak tradisional, tugas bacaan sekolah, novel anak-anak klasik, dongeng, eBooks; bahkan Internet. Ketika anda membantu anak anda, anda mungkin menemukan bahwa ada dunia penuh dengan literasi anak yang menganggumkan yang mungkin ANDA dapat nikmati juga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *